Friday, December 28, 2018

  • 12/28/2018 08:37:00 PM
  • bingin rupit


Sebagai Daerah hutan tropis dan seringnya bencana alam yang terjadi  di Indonesia, terakhir terjadi bencana tsunami di Banten dan Lampung. Semua  bencana tidak dapat diprediksi kapan dan dimana akan terjadi. Menyadari hal itu Pemerintah Desa Bingin Rupit berinisiatif  melakukan kegiatan sosialisasi Kesiap Siagaan Dalam Menghadapi Bencana Alam. Acara berlangsung hari ini 28-12-2018 bertempat di balai Desa Bingin Rupit.

Turut hadir pada acara sosialisasi itu diantaranya Sekretaris Camat Rupit Bapak Iskandar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) bapak Firdaus, BPBD Muratara, BPD, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, pendamping kecamatan, pendamping Desa, perangkat desa dan tamu undangan.

Peserta kegiatan adalah masyarakat desa Bingin Rupit yang berjumlah 80-an orang yang terdiri dari toko pemuda, toko masyarakat, Ibu PKK, siswa SMA dan masyarakat desa Setempat.

Dalam sambutannya Henki Basyip Kepala Desa Bingin Rupit menyampaikan agar peserta dapat mengikuti acara dengan baik dan dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari. " Ikuti acara ko dengan Baek, Karno Kito dak tau kapan bencana akan melanda. Cuma Kito harus siap dan tetap waspada"ucapan kepala desa yang masih usia muda itu.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan supaya masyarakat selalu waspada dan siap siaga dalam keadaan darurat dan bencana alam yang tidak dapat diduga kapan datangnya. Sebagai daerah aliran sungai Rupit, bisa jadi di kemudian hari ada bencana banjir yang menghampiri, atau bencana kebakaran rumah atau bencana kebakaran hutan.

Sekretaris Camat  juga menyampaikan hal yang sama yakni peserta kegiatan agar dapat mengikuti acara dengan baik, dikesempatan waktu yang ada, peserta diharapkan dapat menyerap ilmu dan pengalaman dari penyampaian Narasumber.


Dalam penyampaian Narasumber, ia memetakan beberapa hal yang mungkin bisa terjadi di daerah Muratara. Pertama bencana banjir, yang kedua kebakaran, yang ketiga bencana gempa bumi Kiriman mengingat daerah Bengkulu sering terjadi gempa. Kalaupun bencana seperti tsunami dan gunung meletus kemungkinan tidak akan terjadi mengingat jauh dari wilayah laut dan pegunungan, Pungkas Drs. Kasir Masuli sang narasumber acara.(rHE)

Kritik dan Saran

Name

Email *

Message *

Kategori Lain

Iklan

Berita Populer

Jumlah Pengunjung